Sunday, August 2, 2020

Menapak Tilas

Tulisan gue yang satu ini dituils sejak tahun pertama kuliah. 
Di satu ruang kamar kos-kosan yang kecil, sepi sunyi senyap yang bahkan lu bisa denger suara gerak peristaltik lambung lu sendiri. 

2020. I'm back bro.
Menurut gue sayang aja kalo nggak dipost.
Sebuah proses ke-alay-an.
Enzoi.



*PS : post ini aslinya ditulis pertama kali waktu sebelum kuliah.
*PS lagi: sekarang gw udah tahun akhir kuliah dan baru mau ngepost lagi 
Sejak pertama lulus sampe sekarang ((sebelum menyeruput pahitnya perkuliahan)), gue enggak pernah kangen masa-masa sekolah. Bagi gue, bangun pagi, mandi dan pergi ke sekolah selama SMA itu ....huft.
Tapi entah tiba-tiba gue sedikit kangen suasana sekolah. Sekarang.
Sedikit.
Jadi mau kilas balik hehe.

Kelas 10

Yak cerita SMA dimulai dari sini. Bermula dengan mos yang keras yang mencirikan kerasnya kehidupan di SMAK. #SMAKKeras

Gue masih inget waktu hari kedua, panitia yang galak pura-pura bikin drama sama guru yang berujung ngesurprisein salah satu panitia.
Karena gue dan teman gue kampret, bukannya takut malah kita berdua ngedumel di belakang.
"DUH, acara siapa sih malah ultahan di mos"
"Udah deh dipulangin aja kenapa"

hehe. Kampret bukan.

Gue masih inget mos hari ketiga dilaksanakan di lapangan TNI arhanudse.
Panas, Haus, Capek.
Alhasil gue gabisa jongkok berhari-hari. Mau bersin aja harus di slowmotion supaya gak sakit tuh tulang-tulang gue.

Hari pertama sekolah, excited bercampur males. Gue anaknya susah buat adaptasi, kalo gak salah butuh 1 bulan lamanya buat adaptasi.
Kelas 10 ini gue mau cerita tentang sesosok teman yang ... uhm.
Yang... enggak tau gimana deskripsiinnya tapi dia absurd. Dia jayus kata temen-temen termasuk gue.
Tapi tiap dia ngelawak, most of the time gue ketawa, dan dia ketawa sendiri. Temen-temen lain cuma natap sinis kayak mau ngelemparin dia pake sepatu gitu.

Sebut saja dia, wedus.

Mau tau lawakan dia serenyah apa?
Serenyah paha kfc.

ngomong-ngomong KFC, pertama kali pelajaran komputer di SMA, kita semua disuruh buat brand dan dipresentasikan di depan kelas. Temen gue yang namanya wedus ini jago banget di bidang ppt. Lumayan kreatif juga. Sampe-sampe warna uban dia pelangi saking kreatifnya.

Kelewat kreatif, wedus ini bikin brand ayam Wedus Fried Chicken.
Mulailah dia presentasi.

"Wedus Fried Chicken dibuat dari daging pilihan terbaik. Ada macam-macam daging yang kami tawarkan; dada jupe, paha jupe, sayap jupe"

Ngakak dong sekelas. Habis dia presentasi ada sesi tanya jawab. Wedus bilang paling inget pertanyaan dari gue "dijual terus emang paha jupe ga abis?"
Terus kita ketawa. Ha ha ha.
Absurd banget kita.

Sebenernya bukan dari sini gue kenal sama wedus.
Pertama kali nya gue ngmg sama wedus, karena ngejekin hidung dia yg gede.
"hidung kamu gede banget, kayaknya bisa deh ngupil pake jempol kaki, muat."

Terus gue langsung ditetesin umbel.

Nggak ding.
Iya pertama kali berinteraksi sama wedus ini karena gue dan satu temen belakang gue ngeledekin si wedus.
Terus suatu hari jam 3 pagi, gue masih bikin ppt Biologi dan belajar pkn, gue liat si wedus ini ganti dp dia pas lagi di mos - yang kalo diliat lagi mungkin dikatain muka curut.
Gue iseng chat "weh belom tidur".
Dibales sama wedus "Iya nih akwkawk"
Udah.

Wedus ini temen yang paling sabar yang pernah gue temukan di seluruh rawa-rawa dan di antara lele-lele kuning yang ada di sungai. Dia gak pernah marah sama siapa pun. Kalau kita tinjau dari tingkat kesabarannya, bokong dia udah yang paling lebar dari temen-temen yang lainnya.
haha. glc.

Unexpected, si wedus ini ternyata saudaranya mantan tetangga rumah sebelah gue. Emang dunia ini sekecil pantat bayi. Wedus pernah berkunjung ke rumah saudaranya yang di sebelah gue itu. Tapi sebelum SMA gue gapernah liat wedus sebelumnya.

Waktu kelas 10, gue dan wedus duduk deketan. Kita duduk di deretan depan.
Karena kita anak-anak "lumayan" ambis, tapi masalah utamanya adalah karena KITA KAUM KACAMATA YANG MINUS UDAH NAMBAH TAPI BELOM GANTI KACAMATA :)

Bahkan, si wedus yang udah duduk di barisan paling depan nih, kadang dia tetep duduk di depan lagi (barisan yang biasa dibentuk dadakan oleh anak-anak belakang yang gak keliatan nyatet bahan dari papan tulis, duduk di lantai, di depan baris paling depan). Setelah berbulan-bulan, dia cek mata.
Ternyata saudara....

Tiba-tiba dia udah minus 3 dari sebelumnya gapake kacamata.
Gila dah tuh anak. Gue yang minus 3 kalau gak pake kacamata udah berasa nonton video 144p, gak keliatan apa-apa.

Sekarang wedus masih temenan sama gue. Udah ah males deskripsiin doi panjang-panjang, nanti lagi HE.
Sekian.

No comments:

Post a Comment